Rabu, 01 Agustus 2018

Cerita Malam Hari Nisya #1

Cerita Malam Hari Nisya #1


Ini adalah episode pertama dari Cerita Malam Hari Nisya. Nggak, ini bukan horror atau apa. Cerita Malam Hari Nisya adalah seputar sesuatu yang aku ingin ceritakan ke kalian, sekalian sharing hehe. 

Mari kita mulai!

Jadi, aku menemukan passion sekaligus hobiku dalam dunia nulis adalah pas aku kelas 3 SD. Saat itu aku lagi sakit demam dan ga bisa berangkat sekolah. Aku bosen di rumah karena nggak ada yang dikerjain. Akhirnya, aku yang emang kebiasaan dari dulu sampai sekarang senang nyari buku kosong buat dicoret-coret pun kepikiran buat nulis cerita. Cerita pertama yang aku tulis itu temanya kayak fantasi gitu dan fabel karena saat itu punya idenya cuma itu. Akhirnya aku ambil pulpen dan mulai nulis deh di buku yang kutemui tadi (kalau ga salah ini buku kosong dan udah ga kupakai). Terus berlangsung sampai bukunya tuh habis dan aku jadi mikir wah kayanya aku seneng nulis karena asik dan emang bisa dilakukan dimana aja. Kelas 4 SD aku mulai belajar gambar, yah kaya gambar binatang gitu dan bikin komik-komikan dan sekali lagi nulisnya tetep di buku tulis karena waktu itu aku belum punya laptop dan masih SD juga lah ya. Pokokny tulisanku hanya seputar fantasi, petualangan, dan fabel.

Masuk SMP, temenku mulai ngenalin yang namanya fan fiction, saat itu dia minta aku bikinin cerita berbau romance dengan tokoh utamanya One Direction, tapi aku saat itu nggak terlalu tau tentang 1D. Naik ke kelas 8 (2 SMP), aku jadi belajar gambar lagi walau hasilnya ga bagus, tapi setidaknya agak meningkat dibanding dulu pas SD yang cuma gambar kaya binatang. Naik ke kelas 9 atau 3 SMP aku ketemu dengan dua teman yang juga punya hobi dan passion di bidang nulis, sekarang dia kuliah di UNPAD, aku dan temanku ini suka bertukar tulisan jadi kaya aku baca punya dia dan sebaliknya. It was fun!

Kebiasaanku nulis cerita dengan genre fantasi inilah yang mengantarkanku untuk nyoba nulis cerpen tema fantasi dan kirim ceritanya itu ke Mizan (Komik Fantasteen) dan Alhamdulillah karyaku diterbitkan yaitu Komik Fantasteen #16 : Kereta Api Misterius pada tahun 2014, kalau ga salah pas lulus SMP.

Pas SMP juga aku pernah ikut lomba namanya FLS2N aku ikut yang Cipta Cerpen dan alhamdulillah bisa sampai ke tingkat kabupaten dan aku sangat-sangat berterimakasih sama guru bahasa Indonesia aku semasa SMP yang benar-benar support aku saat itu. Juga, buat teman-teman aku semasa SMP yang aku konsultasiin soal tulisanku.


Awal Mula Aku Mengenal Wattpad


Masuk ke SMA, aku semakin senang dan menekuni hobi nulis-ku ini karena menurutku, aku nulis itu untuk mengekspresikan diri, untuk nuangin ide-ide dalam bentuk tulisan karena aku gabisa gambar. Saat SMA juga aku mengenal sebuah aplikasi untuk baca dan nulis gratis yang namanya Wattpad. Waktu itu, dua orang temanku yang sudah lebih dulu nulis di wattpad ini (mereka sekarang kuliah di UI dan UNS), minta aku untuk baca cerita mereka di wattpad. Sayangnya, saat itu aku harus bikin akun dulu. Akhirnya, pada tahun 2015 aku bergabung jadi wattpad user, tapi waktu itu ga aktif, aku cuma baca beberapa cerita aja dan itupun karena disaranin sama temen.

Tahun 2016, pas kelas 11 kalau ga salah, aku mulai jadi pembaca yang lumayan aktif. Saat itu aku baca fan fiction dan salah satu cerita wattpad punya kakak kelas aku di ekskul mading yang menurutku ceritanya bagus. Dari situ, mulailah aku ngefollow beberapa akun yang menurutku bagus ceritanya, bisa itu penulis fan fiction, atau apapun.

Sampai akhirnya aku mikir, kenapa aku ga nulis aja ya di wattpad? 

Waktu itu draft wattpad aku isinya cuma tulisan soal tugas-tugas karena aku ga punya note di hp dan storage HP udah penuh jadi ga bisa download. Pas banget waktu itu aku dapat ide, aku pun memutuskan untuk langsung nulis di Wattpad. Aku ngedit cover untuk wattpad nya sendiri, ini jadi bagian yang seru dan penting buat menarik pembaca.

Cerita yang kutulis pertama kali itu judulnya Langit Senja (kalian bisa cek di postingan aku tentang 'My Wattpad' kalau mau baca hehe). Wattpad tuh rame banget dan ga semua orang tau username aku ataupun cerita yang kubaca kan? Jadi, aku cuma pakai wattpad buat nulis dan ceritanya ku promosiin ke teman-teman dekat karena aku ga berharap bisa difollow atau ceritanya dibaca oleh banyak orang, yang penting nulis, setidaknya gitu.

Sampai akhirnya, aku coba untuk promosi tulisan di wattpad ku ini ke beberapa akun yang ngefollow kakak kelas ku tadi, bisa lewat wall atau message board mereka. Kakak kelasku juga aku minta buat baca dan alhamdulillah dia ngasih aku komentar yang membangun untuk ke depannya kalau aku nulis cerita lagi.

Kemudian, aku dikagetkan dengan satu persatu pembaca yang mulai datang dan baca wattpad ku, beberapa emang ada yang cuma ngasih boom vote aja, entah dibaca atau tidak, tapi aku ngehargai itu

Pas cerita pertama selesai, aku lanjut terus sampai sekarang total ada 7 cerita dan 2 diantaranya belum selesai, alias masih ditulis.

Menghadapi Writer's Block


untuk menghadapi hal yang menyebalkan ini, biasanya aku baca novel, nonton film, dengerin musik dan lain-lainnya. Pokoknya ngelakuin hal yang aku suka dan bikin aku senang. 

Buat dapetin ide dari nulis itu sendiri, biasanya aku bisa dari lingkungan sekitar, dari teman-teman deket aku bahkan sampai dari diri sendiri. Pokoknya, ide itu menurutku bisa datang dari mana aja, asal kita rajin dan semangat buat mencarinya. Baiklah, aku bukan seorang penulis professional, aku masih pemula dan perlu banyak belajar, tapi menurutku, kalau kalian mau nulis atau hobi apapun itu, tekuni aja terus, suatu hal itu butuh proses untuk menjadi baik, kan?

Dan buat kalian yang punya passion dan hobi yang sama kaya aku, kalian nulis aja terus, karena beneran nulis tuh asik, kalian bisa jadi seorang yang tahu apa saja soal tokoh atau bahkan kalian bisa jadi tokoh itu sendiri. Kalian bisa merasakan suasana, tempat, dengan orang yang berbeda dari tokoh-tokoh yang kalian tulis.

Seperti kata C.S. Lewis : "You can make anything by writing"

Jadi, jangan menunggu, mulailah nulis! Nulis diary, misalnya?

nah, sekian untuk Cerita Malam Hari Nisya #1 dan sampai berjumpa di episode Cerita Malam Hari Nisya selanjutnya!

Bonsoir!


0 komentar:

Posting Komentar

 

Thymesya Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang